Suatu Penemuan Baru Yang Sudah Diterima Dan Dipakai Masyarakat Disebut

Suatu Penemuan Baru Yang Sudah Diterima Dan Dipakai Masyarakat Disebut, Pelaksanaan inovasi berlangsung seiring dengan keperluan masyarakat. Kian berkembang suatu masyarakat dengan kebudayaannya, kian acap kali pula penemuan dihadirkan. Temuan sesuatu yang baru, bisa dibagi menjadi tiga kelompok ialah “discovery, invention, dan innovation.

Suatu Penemuan Baru Yang Sudah Diterima Dan Dipakai Masyarakat Disebut

Di antara para pakar belum memiliki kesepakatan objektif sehingga susah untuk menarik garis yang tegas perbedaannya, sekalipun hasilnya mengarah pada makna perubahan.

Discovery yaitu suatu penemuan kreatif dari suatu faktor kebudayaan yang baru, bagus berupa suatu alat baru, inspirasi baru, yang dijadikan oleh seorang individu atau kategori masyarakat yang bersangkutan. Discovery baru bisa menjadi invention sekiranya masyarakat telah mengakui, mendapatkan, dan memakai inovasi baru itu.

Temuan berasal dari kata latin, “innovation” yang berarti pembaruan dan perubahan. Kata kerjanya “innova” yang artinya memperbarui dan merubah. Innovasi adalah suatu perubahan yang menuju ke arah koreksi, yang lain atau berbeda dari yang telah ada sebelumnya, yang dilaksanakan dengan sengaja dan berencana atau tak secara kebetulan.

Ansyar, Nurtain (1991), menerangkan bahwa Kreatif merupakan gagasan, tindakan, atau sesuatu yang baru dalam konteks sosial tertentu untuk menjawab permasalahan yang dihadapi.

Berdasarkan Santoso (1974), tujuan utama Kreatif yakni meningkatkan sumber-sumber kekuatan, uang, dan sarana, termasuk struktur dan prosedur organisasi.

Dari uraian di atas bisa diperhatikan bahwa penemuan adalah suatu pelaksanaan yang walhasil ialah suatu hal baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang telah ada. Munculnya teknologi baru adalah yang terjadi secara luas, terlebih dalam masyarakat yang dinamis, sebagai produk dari progres learning, searching, and exploring, supaya dapat menjadikan produk baru, teknik baru, wujud organisasi baru atau membuka pasar baru. 

Cara ini yaitu progres sosial-ekonomi yang berkaitan erat dengan kebudayaan suatu masyarakat. Hasil penemuan yang lebih bagus akan mendominasi hasil yang kurang bagus, sehingga pengerjaan temuan hal yang demikian bisa mempertinggi taraf hidup masyarakat.

Kreatif ialah pembaruan dan penerapan sumber-sumber alam, kekuatan, dan modal, pengontrolan baru dari kekuatan kerja dan penerapan teknologi baru yang akan menyebabkan adanya system peroduksi yang mewujudkan produk-produk baru. Dengan demikian penemuan berisi pembaruan kebudayaan yang khusus mengenai faktor teknologi dan ekonomi.

Kerja penemuan kreatif telah tentu amat erat kaitannya dengan temuan baru dalam teknologi. Suatu penemuan kreatif umumnya ialah suatu cara kerja sosial yang panjang melewati dua tahap khusus, ialah discovery dan invention. Dalam hal ini, pengerjaan penemuan kreatif baru dapat dijalankan sesudah adanya progres discovery dan invention.

Elemen yang menjadi pensupport individu dalam suatu masyarakat untuk mengawali dan mengoptimalkan penemuan kreatif baru yaitu:

a. Kesadaran pada tiap-tiap individu akan kekurangan dalam kebudayaannya,
b. Kwalitas dari keahlian dalam suatu kebudayaan,
c. System perangsang bagi kesibukan mencipta dalam masyarakat.
LihatTutupKomentar