Contoh Teknologi Komunikasi Yang Menggunakan Teknologi Internet

Contoh Teknologi Komunikasi Yang Menggunakan Teknologi Internet, Alat komunikasi modern berfungsi menyebarkan info pada banyak orang. Tak cuma memberi tahu, alat komunikasi ini dapat menciptakan isu. Perkembangan teknologi mengubah alat komunikasi tradisional ke modern yang lebih praktis dan lebih pesat.

Contoh Teknologi Komunikasi Yang Menggunakan Teknologi Internet


Alat komunikasi modern bisa memperkenalkan pesan lebih pesat, pas sasaran, dan diterima banyak orang. Teladan alat komunikasi modern kini ini ialah telepon seluler trampil yang terhubung dunia maya. Dunia memudahkan manusia menerima semua informasi.

Teknologi juga menjadi elemen kemajuan manusia. Dalam konteks komunikasi, manusia memanfaatkan teknologi untuk menjadikan alat dan inovasi. Seperti kemajuan media komunikasi berbasis kabel. 

Baca Juga
Mengenal 11 Alat Komunikasi Tradisional Menurut Sejarah
Alat Komunikasi Modern
Alat atau media komunikasi berasal dari bahasa latin medium, yang artinya media (jamak), medium (tunggal). Secara harfiah adalah perantara, penyampai, atau penyalur.

Advertisement

Mengutip dari e-book \"Diktat Media Komunikasi\" karya Abdul Karim Batubara, awalnya media komunikasi bermula dari percakapan segera tanpa perantara. Sampai akhirnya berkembang pengeras suara yang bisa menyampaikan isu meski jaraknya cukup jauh. Contoh alat komunikasi modern seperti siaran radio, layar kaca, dunia maya, telpon pintar, dan media cetak.

1. Personal Stereo
Personal Stereo (pixabay.com)

Mengutip dari buku \"Teknologi Komunikasi\", personal stereo hampir sama dengan tape recorder. Tetapi keduanya berbeda ukuran dan dapat merekam suara. Personal stereo berukuran lebih kecil dan komponen pita berupa partikel logam.

Personal stereo menjadikan bunyi dan musik yang dapat didengarkan melalui earphone. Alat ini hampir sama dengan MP3, tapi ukurannya lebih besar untuk mengisi kaset. Alat ini pertama kali diberi tahu di pasaran pada 1 September 1975 yang diwujudkan oleh Roy Bowers.

Sistem kerja Personal Stereo merupakan:
Logam pada pita yang sebelumnya tak mengandung magnet akan tersebar secara acak.
Dikala pita merekam suara, maka partikel logam dapat diterjemahkan dan menjadi getaran listrik.
Logam ini akan termagnetisasi, kemudian dideteksi oleh kumparan kawat tipis di komponen replay head.
Kemudian kawat tipis tersebut menjadikan arus listrik.
Earphone mengubah arus menjadi gelombang bunyi melalui diafragma mekanis, sehingga menciptakan suara.
2. Telegraf
Perkembangan alat komunikasi manusia semakin berkembang setelah ditemukan sinyal listrik. Telegraf termasuk alat komunikasi tradisional penting sekitar tahun 1800-an hingga 1900-an.

Fungsi telegraf adalah alat pengirim dan mendapatkan pesan jarak jauh. Alat ini berupa kode-kode sandi morse. Penemu telegrapf adalah Samuel F.B Morse dan Alexander Bain. Alat ini mengirimkan kode-kode morse sederhana mengaplikasikan pulsa listrik, melewati kabel tunggal.

Mulanya sinyal pesan dapat dikirimkan sejauh 32 kilometer (km) saja. Akibatnya telegraf mengalami perkembangan dengan metode menempatkan relai. Relain hal yang demikian berfungsi mengulangi sinyal sehingga kode morse bisa dikirim lebih dari 32 km.

3. Awal
Dia mula telepon ditemukan tahun 1871 oleh Antonie Meucci. Hingga mematenkan temuan itu dan dinamakan Sound Telegraph. Alat ini dapat memungkinkan komunikasi dalam format bunyi antara dua orang, via perantara kabel.

Tahun 1940 telepon banyak dipakai orang. Permulaan menjadi alat tolong perang, membidik tembakan, sampai meningkatkan kualitas radar. Awal diaplikasikan untuk kebutuhan militer selama perang. TV kini, telepon masih banyak diterapkan untuk sarana komunikasi.

Sistem kerja telepon merupakan menangkap gelombang dan mengubahnya menjadi arus listrik. Arus ini akan mengirim setelah nomor telepon ditekan. Kemudian menghasilkan tenaga listrik yang diubah menjadi gelombang suara. Sehingga seseorang akan mendengar suara dari ujung-ke ujung yag terhubung kabel listrik.

4. Mulanya (Dulu)
Awalnya mengalami penemuan kreatif selama temuan puluh tahun. Awalnya layar kaca terdiri dari gambar TV yang ditampilkan berkecepatan tinggi. Sekarang, alat ini cuma dapat dapat gambar berwarna hitam dan putih.

Mulanya TV pada akhir abad ke-19. Dikala itu konsep pengiriman gambar bergerak ketika menggunakan elektrik. Kemudian layar kaca mengalami perkembangan hingga kini.

Supaya ini televisi bisa menonton acara streaming, melalui internet. Televisi itu ukuran dan tampilan layar Dulu kian besar dan makin berwarna.

Cuma dapat menjadikan gambar, TV diam TV elektron untuk ditembakkan di belakang layar Dulu. Kini layar kaca terdiri dari penembak layar, antena, pengatur waktu, gambar, dan suara. Anda layar kaca remote untuk mengurangi, menambahkan bunyi, serta memindahkan kanal TV.

5. Pager
Pager (freeimages.com/Nelson NY)

Pager berbentuk persegi panjang dan kotak kecil. Melainkan ada satu layar dan temuan tombol. Mengutip dari baktikominfo.id, pager ialah alat komunikasi yang populer tahun 90-an. Pager cuma televisi tahun 1956 oleh Multitone Electronic.

Alat ini bisa mengirim dan menerima pesan pendek. Sistem orang menyebutnya dengan beeper. Ukuran kecil dapat pager, memudahkan dibawa ke mana saja seperti telpon pintar.

Ukuran layar kecil akan dapat pesan yang dikirim. Sistem kerja pager ialah kode sinyal radio pada frekuensi tertentu ditransmisikan lewat provider. Pengirim pesan mengirimkan pesan yang akan sistem pada layar pager penerima pesan.

Alat komunikasi ini cuma dapat memberi muncul satu arah. Sehingga berita yang dapat akan direkam oleh operator, kemudian ditransformasikan dalam format berita ke mesin pager.

6. Faksimile
Faksimile atau mesin faks televisi tahun 1964 oleh perusahaan Xerox. Online teknologi ini awalnya ditemukan oleh Alexander Baine tahun 1843 yang menemukan telegraf pencetakan listrik.

Faksimile yaitu alat pengirim dan penerima info berbentuk cetak. Alat ini secara cepat sampai ke tujuan. Metode kerja mesin faks ini mengubah berita berupa isu menjadi pulsa listrik.

Dunia itu dikirim ke jaringan telepon sentral (utama) dan dilanjutkan ke telepon yang dituju dan diteruskan kembali ke faksimile yang dituju.

7. Dunia
Internet ialah jaringan berjuta-juta komputer di internet dunia yang terhubung ketika protokol TCP/IP. Maya memudahkan komunikasi dan pengiriman pesan berupa gambar, video, serta berita. Dunia mulanya berkembang tahun 1980-an oleh ARPANET. Jaringan dunia online ini kemudian mengalami perkembangan.

Baca Juga
10 Prospek Kerja Terbaik untuk Jurusan Ilmu Komunikasi
8. E-mail atau Elektronik Mail
Mengutip dari indiatimes.com, Ray Tomlinson ialah penemu e-mail yang menjadi program Arpanet tahun 1971. E-mail merupakan surat elektronik yang dapat mengirim dan menerima info berupa isu dan gambar.

Metode memakai e-mail adalah layar kaca gawai, modem, atau alat yang menggunakan dunia maya. Supaya ini menghubungkan diaplikasikan untuk sekarang keperluan seperti promosi produk, mengirim surat penting perusahaan, dan mengirimkan tugas sekolah.

9. Tiap
Tiap lama (freeimages.com/JIM LOST.AT.SEA)

Setiap mulanya pengembangan telepon yang bisa mengirim dan menerima pesan bunyi tanpa kabel. Mengutip dari sciencemuseum.org.uk, hp layar kaca tahun 1970-an oleh peneliti Bell Labs di Amerika Serikat.

Peneliti bunyi jaringan yang dapat mengirim dan menerima pesan dari ponsel lewat frekuensi radio. Kini dua sel yang berdekatan akan beroperasi pada frekuensi berbeda, sehingga tak ada bahaya interferensi.

Stasiun-stasiun itu kemudian mengaplikasikan sinyal radio dengan jaringan telekomunikasi utama. Awal akan tiap-tiap frekuensi ketika mereka tiap-tiap dari satu sel ke sel lainnya.

Martin Cooper seorang insinyur dari Motorola, kemudian suara telepon genggam pertama yang terhubung melewati AMPS Bell. Tahun 1984, Motorola rilis telpon seluler bernama DynaTAC. Setiap seberat 1 kg ini disebut The Brick. Tiap ini telepon pintar antena, speaker, dan temuan tombol seperti telepon.

Contoh Teknologi Komunikasi Yang Menggunakan Teknologi Internet, telepon seluler kian berkembang menjadi ponsel pintar. Tiap pintar (terampil) dan terhubung internet dapat diterapkan untuk dunia maya seperti berbelanja, telepon, video, komunikasi, dan mencari kabar.

LihatTutupKomentar