Kemasan Yang Langsung Bersentuhan Dengan Produk Disebut Kemasan

Kemasan Yang Langsung Bersentuhan Dengan Produk Disebut Kemasan, Kemasan ialah bungkus yang berfungsi untuk melindungi suatu produk. Pernahkah kemu mendengar tentang kemasan primer?

Kemasan Yang Langsung Bersentuhan Dengan Produk Disebut Kemasan

Kemasan primer merupakan kemasan yang bersentuhan langsung dengan produk. Untuk lebih memahami tentang kemasan, simaklah penjelasan di bawah ini!

Berdasarkan Philip Kotler dan Gary Amstrong dalam buku berjudul Dasar-dasar Pemasaran (1997), kemasan dibagi menjadi tiga tingkatan adalah kemasan primer, kemasan sekunder, dan kemasan pengiriman. 

Kemasan primer

Kemasan primer merupakan kemasan yang bersentuhan lantas dengan produk. Dalam kata lain, kemasan primer adalah wadah ditempatkannya suatu produk. Kemasan primer memungkinkan produk untuk dipasarkan secara eceran terhadap konsumen.

Kemasan primer lazimnya terbuat dari bahan yang bisa membendung air dan udara supaya tak masuk ke dalam produk. Atau secara garis besar, kemasan primer menjaga stabilitas produk di dalamnya.

Contohnya merupakan beragam kemasan makanan dan minuman (seperti bungkus mi instan, krupuk, saos, susu, dan berjenis-jenis minuman berasa), botol sampo, botol kecap, gelas plastik, kemasan obat (seperti strip, ampul, botol, dan vial).

Baca juga: Kemasan dan Pemasaran Produk Kerajinan Objek Lokal

Kemasan sekunder

Kemasan sekunder ialah kemasan yang tak bersentuhan langsung dengan produk dan bertujuan untuk melindungi kemasan primernya. Kemasan sekunder biasanya tak berdampak pada stabilitas produk karena tidak bersentuhan langsung.

Contoh kemasan sekunder ialah kotak karton obat sirop, kaleng susu bubuk, box styrofoam obat, juga kardus yang berisikan produk dengan kemasan primer. Kemasan sekunder memudahkan produk untuk dipindahkan dari satu daerah ke daerah lain.

Kemasan tersier

Kemasan pengiriman atau kemasan tersier merupakan kemasan yang berfungsi untuk melindungi kemasan produk, kemasan primer, dan juga kemasan sekunder.

Marleen S. Herudiyanto dalam buku Pengantar Teknologi Pengolahan Pangan (2008), menceritakan bahwa kemasan pengiriman diterapkan sebagai pelindung selama pengangkutan.

Kemasan tersier mempertimbangkan kemanan produk ketika diangkut dalam jumlah besar untuk dikirim dalam perjalanan yang jauh agar tidak rusak. Model kemasan tersier yakni container dan juga peti kemas. Demikian postingan artikel yang berjudul Kemasan Yang Langsung Bersentuhan Dengan Produk Disebut Kemasan, Terimakasih

LihatTutupKomentar