Gelas Minuman Dingin di Gorontalo

Gelas Minuman Dingin di Gorontalo, Sajian masakan nusantara tak akan pernah habis untuk dibahas. Tiap tempat mempunyai masakan khasnya masing-masing, termasuk sajian minuman es dingin. Sekiranya traveling ke sebagian tempat dalam negeri, kau juga patut mencoba minuman khas tempat hal yang demikian. Dapat jadi rasanya benar-benar sedap dan jadi favoritmu! Apa saja minuman es khas Indonesia yang seharusnya kau cicipi? Yuk, simak ulasannnya!
Gelas Minuman Dingin di Gorontalo
Gelas Minuman Dingin di Gorontalo


1. Es Nona
Manisan buah pepaya di dalam minuman es ini membikin rasanya jadi unik. (Foto: Tribunnews)
Jalan-jalan ke Pontianak, jangan hingga tak mencoba minuman es yang satu ini! Namanya es nona, es segar yang berisi manisan pepaya, kacang merah, tape, kolang-kaling, dan nangka. Mirip seperti es campur pada lazimnya, melainkan rasanya tentu istimewa!

Satu hal yang membuatnya istimewa yakni es serut yang dipakai pada es nona terbuat dari air kapur sirih. Akibatnya, es serut jadi lebih renyah. Di tambah susu kental manis di atasnya, rasa legitnya yang dingin bikin segar!

2. Es Timun Serut
Es timun serut jadi penetralisir yang ideal sesudah makan makanan berempah. (Foto: Inspiratorfreak.com)
Seandainya pernah makan di resto khas Aceh, kau tak akan asing dengan minuman segar ini. Es timun serut memang umumnya disediakan di daerah makan Aceh, bersama dengan masakan khas Aceh lainnya, seperti mie Aceh.

Di Aceh, es timun serut disebut ie boh timun. Metode membuatnya simpel, timun diserut lalu dicampur dengan air gula manis. Tambahkan juga perasan jeruk nipis supaya rasanya lebih segar. Kau juga dapat menambahkan biji selasih di dalamnya.

3. Es Martebe
Perpaduan markisa dan terong belanda khas Medan jadi minuman unik ini. (Foto: Primarasa.co.id)
Medan juga memiliki minuman khas yang pantang kau tolak! Es martebe populer banget sebagai minuman pelepas dahaga di sana. Es Martebe ialah kombinasi dari markisa dan terong belanda.

Markisa yang manis berpadu dengan terong belanda yang asam menciptakan campuran rasa yang unik. Umumnya dalam es martebe juga ditambahkan potongan lidah buaya atau nata de coco. Wih, jadi makin nikmat, deh!

Baca Juga: 5 Buah Tangan Sepatutnya dari Kota Medan

4. Es Dawet
Jangan lupa untuk mengaduknya sebelum meminum dawet ini, ya! (Foto: Theboxsceneproject.org)
Minuman dingin ini berasal dari Jawa Tengah. Kau akan menemui bermacam-macam jenis es dawet yang berasal dari Jepara, Banjarnegara, sampai Solo, dan tempat lainnya.

Es dawet terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka. Adonan tepung hal yang demikian lalu disusun kecil-kecil dan dikasih pewarna natural hijau dari daun pandan atau daun suji. Dawet hal yang demikian lalu dipersembahkan bersama es serut, gula merah cair, santan, dan potongan nangka.

5. Es Cendol
Cendol, minuman dingin yang banyak dipasarkan dan punya banyak penggemar. (Foto: Qiresep.com)
Penampialnnya mirip banget dengan es dawet. Melainkan terbukti es cendol dan es dawet mempunyai perbedaan dari segi bahan utama yang digunakan. Kalau es dawet memakai tepung beras, es cendol menerapkan tepung hunkwe.

Es cendol juga bukan berasal dari Jawa Tengah, tetapi dari Bandung. Di kota itu terdapat es cendol yang betul-betul familiar, yakni Es Cendol Elizabeth.

Di sebagian negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura, kau malah dapat menemukan minuman serupa cendol.

6. Es Doger
Tampilannya indah dan rasanya malahan nikmat. (Foto: IG @dewiemodesto)
Ada yang tahu kepanjangan doger? Rupanya doger ialah singkatan dari “dorong gerobak.” Penjual es doger memang memasarkannya dengan gerobak. Minuman segar ini berasal dari Cirebon, dan banyak ditemui di Bandung serta kota-kota besar lainnya.

Es doger terdiri dari es kelapa santan yang dicampur dengan ketan hitam, avokad, pacar cina, tape, susu serta sirop merah.

7. Es Podeng
Bila menyukai, kau dapat tambahkan kacang dan meses di atasnya. (Foto: Indonesiakaya.com)
Nama podeng berasal dari bahasa Madura yang berarti puter. Es podeng ialah es puter yang ditambahkan sebagian bahan lain, seperti roti, kacang tanah sangrai, meses serta susu kental manis.

Sebagian penjual malahan menambahkan alpukat, potongan nangka sampai duren supaya rasanya lebih nikmat dan disukai orang. Es podeng diyakini dibawa oleh orang Garut ke Jakarta dan menjadi masakan khas ibu kota.

Baca Juga: Mencicipi 5 Masakan Klasik di Pasar Baru Jakarta

8. Es Terka
Es terka umumnya memiliki isi yang padat dan banyak. (foto: Primarasa.co.id)
Traveling ke dasrah Sumatera Barat, kau akan berkenalan dnegan es terka. Terka ialah singkatan dari tepung beras ketan, yang memang jadi bahan utamanya. Adonan tepung beras kemudian diolah dan disusun kecil-kecil.

Es terka mirip es campur dengan kolang kaling dan cincau hidam di dalamnya. Tambahan susu kental manis dan sirop membikin rasanya lebih istimewa.

9. Es Goyobod
Es goyobod, es asal tanah pasundan. (Foto: Resepdanmasakan.com)
Es goyobod berasal dari Jawa Barat. Penjualnya banyak dijumpai di tempat Garut dan Bandung. Goyobod sendiri terbukti berasal dari bahasa Belanda yang berarti “berair”.

Es goyobod hampir mirip dengan es campur yang kerap kali ada di penjual bakso. Isiannya banyak, terdiri dari alpukat, kolang kaling, kelapa muda, dan ketan hitam. Tetapi bahan yang paling utama ialah goyobod yang terbuat dari tepung hunkwe. Minuman segar ini kemudian ditambahkan santan, es serut, susu kental manis, dan sirop.

10. Es Selendang Mayang
Minuman khas Betawi yang mulai langka. (Foto: Foody.id)
Es selendang mayang yang ialah minuman jadul khas Betawi sekarang jarang ditemui di Jakarta. Minuman ini terbuat dari kudapan manis berbahan dasar tepung beras atau tepung hunkwe. Formatnya kotak berwarna merah, putih, dan hijau seperti kudapan manis lapis. Manis dengan tekstur kenyal dan lembut hal yang demikian kemudian dicampur es, santan, dan gula aren.

11. Es Pisang Ijo
Pisang ijo yang unik dengan kuah kental manis. (Foto: Blog.kulina.id)
Hidangan es ini dapat kau temui di penjual kaki lima sampai kafe mewah, lho. Es pisang ijo ialah masakan khas Makassar, Sulawesi Selatan. Dalam satu mangkok, kau dapat merasakan potongan pisang yang dilapisi adonan tepung berwarna hijau serta kuah kentalnya yang manis.

Kuah kental ini mirip seperti bubur sumsum tapi terasa lebih manis. Sesudah itu, es pisang ijo dipersembahkan dengan es dan sirop merah.

Baca Juga: 7 Destinasi di Makassar dan Sekitarnya Ini Dapat Membuatmu Tercengang!

Memandang penampilan pelbagai es khas Indonesia di atas jadi makin ngiler, ya! Kau maupilih minuman es yang mana, nih, buat nanti siang? (YGU) Gelas Minuman Dingin di Gorontalo
LihatTutupKomentar